Bahasa

Disiplin Berbahasa

Beberapa malam lewat, penulis berkumpul dengan bebeapa teman untuk merayakan hari ulang tahun salah seorang teman yang kebetulan warga negara asing yang bekerja dan tinggal di Indonesia. Pada saat kami berbincang-bincang, salah satu teman (WNA) bercerita tentang iklan-iklan yang terpampang dipinggir jalan yang ia temui. Ia mengatakan bahwa ia sangat bingung ketika melihat plang dengan tulisan CAT OVEN. Ia kaget setengah mati dan bingung, “Apakah kalian makan kucing?”, “kejam sekali, kucing koq di oven…”. Hal ini karena teman saya itu membacanya /kaet oven/, yang mungkin dapat diartikan semacam Grilled Bread (roti panggang) atau steak dan sejenisnya.

Dua puluh empat hari lalu dari tanggal cerita ini dikeluarkan pun penulis sempat melihat plang di depan sebuah bengkel motor dengan tulisan DIJUAL BAN SEKEN. Dan, ratusan, mungkin ribuan plang atau tulisan dengan iklan sejenis. Dimana muaranya?…ga tauuu, kata anak-anak serempak ketika seorang guru bahasa Indonesia menanyakan pertanyaan serupa dikelas. Bahkan dua atau tiga orang siswa mengkritik guru Bahasa Indonesia mereka seraya mengatakan “Pak , Bapak juga tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar?” . Pak guru dengan cecpat menjawab, “nggak tuh!” …lah itu apa, pak?”. Memang, kata nggak tuh, nggak ngerti dan lain-lain bukanlah Bahasa Indonesia melainkan Bahasa Jakarta (Bahasa Betawi).

Belum lagi yang mencampuradukan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia agar kelihatan menarik (keren) di depan orang-orang yang mendengarnya, sehingga munculah bahasa-bahasa lain yang sudah tidak jelas lagi juntrungannya.  Misalnya, “wah, sorry yah, ike udah came late hari ini”. dan lain-lain.

Tapi saya sangat maklum, karena Bahasa Indonesia sendiri banyak menyerap bahasa-bahasa lain di muka bumi. untunglah masih bahasa planet bumi.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s