Tak Berkategori

Ada Apa Dengan Qurban?

Setiap tanggal 10 Julhijjah (bulan haji), umat Islam di seluruh dunia merayakan hari Raya I’dul Qurban , yang didalamnya ada pemotongan hewan qurban. Penulis sendiri pernah melakukan pemotongan qurban.

Seperti biasa, siapapun yang melakukan pemotongan hewan qurban akan membaca doa dan mengucapkan qurban ini untuk si A atau si B bin atau binti anu. Hal ini terus dilakukan dari tahun ke tahun, termasuk oleh penulis.

 Pada suatu hari, penulis menemukan rujukan tentang qurban yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW, ketika melakukan pemotongan hewan qurban (pada saat itu 100 ekor unta), mengucapkan doa dan diniatkan untuk dirinya, keluarganya dan umatnya. Saat pemotongan 100 ekor unta nabi hanya memotong 60 ekor selanjutnya diserahkan pada ALI bin Abi Thalib. Pada kisah lain, beliau melakukan pemotongan hanya membaca doanya saja tanpa diniatkan untuk siapapun.

Dari hal ini, penulis menganalisa bahwa qurban merupakan murni ibadah seperti hal lainnya yang dilakukan apabila mampu. yang diikhlaskan tanpa diniatkan untuk seseorang. Seadngkan yang penulis amati dan lakukan selama ini, seolah qurban itu dilakukan semacam menebus hutang atau membayar DAM layaknya dilakukan oleh orang yang sedang menunaikan ibdah haji.

 Bagaimana Pendapat anda?

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s